Minggu, 21 November 2021

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Sebagai seorang guru penggerak harus memiliki nilai yang ditanamkan dalam diri, dan diaktualisasikan dalam keseharian sebagai seorang guru, yaitu berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, reflektif dan inovatif.

Bagaimana tujuan pendidikan dapat tercapai jika guru tidak berpihak kepada murid? Keberpihakan kepada murid dapat diwujudkan dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Sehingga kebutuhan murid untuk mengembangkan diri melalui proses pembelajaran di kelas dapat terpenuhi.

Guru penggerak harus mandiri artinya mampu memunculkan motivasi dalam dirinya untuk membuat perubahan baik untuk perubahan lingkungan sekitar ataupun pada dirinya sendiri.

Guru penggerak yang kolaboratif maknanya senantiasa mampu membangun hubungan kerja yang positif dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun untuk kemajuan pendidikan terutama kemajuan sekolahnya.

Reflektif artinya seorang guru penggerak mau melakukan evaluasi terhadap apa saja yang sudah baik serta apa saja yang perlu dikembangkan.

Inovatif artinya seorang guru penggerak mampu memunculkan ide-ide baru dan tepat guna sesuai perkembangan zaman dan sesuai dengan kebutuhan terutama pada dunia pendidikan.

Jika seorang guru penggerak sudah menanamkan dalam dirinya nilai-nilai tersebut akan dapat menjalankan perannya sebagai guru penggerak, peran guru penggerak adalah menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi coach bagi guru lain, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Guru penggerak berfokus pada peran kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. 

Peran dan nilai guru penggerak sangat sesuai dengan pemikiran pendidikan KI Hajar Dewantara (KHD), pahlawan nasional di bidang pendidikan. Pemikiran-pemikiran KHD ini menjiwai dan sebagai muara dari nilai dan peran guru penggerak. Gambaran seorang guru tertuang dalam semboyan Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Juga pemikiran-pemikiran KHD bagaimana seorang guru memperlakukan murid yang pada intinya guru harus berpihak kepada murid apapun kodrat yang dimiliki oleh murid tersebut seorang guru harus menuntun agar murid menemukan kodrat baik yang ada dalam dirinya. 

Untuk menanamkan karakter/ budi pekerti yang baik pada siswa, guru dapat mengajarkan cara berpikir lambat dan cepat agar anak dapat memaknai pengetahuan ini menuju level aplikatif sesuai dengan disain yang dibuat, khususnya dalam membuat keputusan dengan lebih bijak. Jangan sampai karena berpikir cepat yang terkesan buru-buru akan ada efek negatif karena kurang perhitungan 

Untuk mencapai nilai-nilai guru penggerak apa yang harus saya lakukan? Ya, dengan melakukan perubahan-perubahan kecil yang saya bisa. dari lingkup pembelajaran di kelas, saya harus benar-benar bisa memperhatikan kondisi dan perasaan semua murid yang ada di kelas, Jika ada murid yang memberikan kesan negatif harus segera di atasi. Berkolaborasi dengan guru lain untuk memecahkan suatu masalah dalam diskusi non formal, dan hasil belajar peserta didik kita jadikan refleksi untuk perbaikan proses di pembelajaran selanjutnya. Belajar membuat inovasi pembelajaran juga sangat penting agar murid tidak merasa bosan terhadap proses belajar yang kadang monoton dan berulang-ulang dengan proses yang sama.

Untuk mewujudkan hal ini saya memerlukan banyak tanggapan dan dukungan dari rekan sejawat baik di sekolah saya sendiri maupun sekolah di sekitar Indramayu. Setelah mempelajari modul ini saya merasa tergerak hingga kemudian mengambil keputusan untuk bergerak hingga akhirnya memberanikan diri untuk menggerakkan lebih banyak pihak di lingkungan kerja demi meningkatkan kualitas layanan dan lingkungan belajar bagi murid-murid.

Riyandi, CGP Angkatan 4 SMK Negeri 1 Terisi Kab. Indramayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar