Senin, 22 April 2024

Komponen Ekosistem dan Interaksinya - Pendahuluan



Apa yang harus dicapai siswa pada pembelajaran ini? Yaitu:
  1. Siswa dapat menganalisis peranan-peranan komponen-komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia.
  2. Siswa dapat menjelaskan interkasi antara komponen biotik dan komponen biotik lainnya dalam ekosistem. 
  3. siswa dapat membedakan tipe piramida ekologi.
  4. siswa dapat membuat media charta diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
  5. siswa dapat membuat media charta daur biogeokimia (Siklus Nitrogen, siklus Karbon, siklus Sulfur, dan siklus Fosfor) dari kajian literatur. 

Mengamati Komponen ekosistem


Saat kita berjalan-jalan di areal pesawahan kita merasakan udara yang segar. Apa saja yang bisa kita lihat ketika kita berjalan-jalan di sawah? Ada burung, katak, ikan-ikan kecil, keong emas, tikus, ular, dan hewan-hewan lainnya. 

Perhatikan gambaran ekosistem sawah di bawah ini:


Coba apa saja yang bisa ditemukan dari ekosistem sawah tersebut? Banyak kan.

Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem sebagai suatu tatanan kesatuan yang secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup dan saling mempengaruhi. Ekosistem sebagai penggabungan dari setiap unit biosistem. Melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energinya menuju pada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energy, dalam ekosistem, organisme pada  komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem. Organisme kemudian beradaptasi lagi dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga memengaruhi lingkungan fisik untuk kelangsungan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar