Kamis, 01 Agustus 2013

Ilmuwan Uji Transplantasi Gigi dari Urin Manusia

SHANGHAI – Tim peneliti asal China belum lama ini melakukan sebuah uji coba menggunakan sel yang dihasilkan dari air seni (urin) untuk membangun sebuah struktur menyerupai gigi manusia. Mereka berharap, sel induk manusia bisa menjadi dasar untuk benih gigi yang ditransplantasikan ke rahang pasien.

Dalam percobaannya saat ini yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Regeneration, para peneliti mentransplantasikan sel induk tersebut pada tikus dan mampu menumbuhkan gigi layaknya manusia. Di mana, memiliki elastisitas, pulp, dentin, dan enamel sel pembentuk yang sama seperti dilaporkan Medical News Today.

Namun terdapat beberapa keterbatasan, seperti struktur yang baru memiliki sepertiga sekeras gigi manusia dan tingkat keberhasilan yang baru hanya mencapai 30 persen. Para peneliti berharap dengan menggunakan sel manusia dapat menyelesaikan masalah tersebut.

“Kami ingin mewujudkan impian regenerasi gigi manusia untuk terapi klinis,” ungkap salah seorang peneliti. Sebab, dengan menggunakan sel-sel pasien sendiri maka risiko penolakan tubuh bisa berkurang. Akan tetapi, tidak semua orang berpikir bahwa urin merupakan sumber terbaik untuk sel induk.

“Ini bisa jadi salah satu sumber terburuk karena memiliki tingkat efisiensi yang sangat rendah untuk mengubahnya menjadi sel induk,” jelas seorang peneliti dari University College di Inggris, seperti disadur dari Mashable, Rabu (31/7/2013)

“Belum lagi bakteri dalam urin memiliki risiko kontaminasi yang lebih tinggi daripada sumber lainnya. Tantangan terbesarnya, gigi yang sudah mendapatkan tindakan pulp harus dipastikan mereka dapat mengintegerasikannya dengan saraf dan pembuluh darah pasien untuk mendapatkan gigi permanen,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar