Rabu, 26 Juni 2013

1036 Ganymed, Asteroid Paling Besar di Alam Semesta

CALIFORNIA - Badan antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) telah melakukan pengamatan pada objek asing di luar angkasa. Salah satu temuan menarik ialah asteorid yang diklaim merupakan yang paling besar dan berada di jarak terdekat dengan Bumi.

Wikipedia menerangkan, 1036 Ganymed, merupakan kode nama asteroid yang memiliki diameter 34 kilometer. Asteroid raksasa ini pernah ditemukan oleh Walter Baade pada 23 Oktober 1924.

Kabarnya, laju orbit batu luar angkasa jumbo ini telah dikenal dan kemungkinan bisa berdekatan dengan Bumi pada 13 Oktober 2024.  

Asteroid ini juga akan menghampiri Mars pada jarak terdekatnya pada 16 Desember 2176. Ganymed merupakan penamaan dari pengucapan dalam bahasa Jerman, Ganymede.

Asteroid ini menjadi target observasi dalam sejarah. Ganymede merupakan asteroid bertipe S, yang berati bahwa objek ini reflektif dan terdiri dari besi sertamagnesium silikat. Pengukuran menunjukkan bagian permukaan asteroid ini kaya akan orthopyroxenes dan kemungkinan mengandung logam.

Di 1998, observasi radar Ganymede oleh teleskop radio Arecibo menghasilkan gambar asteroid dengan cukup jelas. Gambar menunjukkan adanya objek berbentuk bola.

Asteroid ini juga memiliki kecepatan orbit rata-rata sebesar 16,86 kilometer per detik dan periode rotasi 10,31 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar