Jumat, 28 Juni 2013

Jejaring Sosial Bantu Kera dalam Mencari Makan

LONDON - Manusia memilik jejaring sosial digital melalui Facebook dan Twitter. Eits, tidak hanya manusia yang memiliki jejaring sosial tersebut, tetapi hewan juga bisa memiliki jejaring sosial yang lebih nyata.

Dengan kemampuan jejaring sosial ini, kera misalnya dapat saling bergotong royong dan membentuk kelompok untuk berburu atau mencari makanan. Studi terbaru yang melibatkan kera (squirrel monkeys) dilaporkan dalam jurnal Current Biology.

Penelitian mengungkap bahwa jaringan sosial terkuat yang dimiliki kera bisa membuat mereka semakin lihai dalam mencari makanan. Peneliti yang dipimpin oleh Andrew Whiten dari University of St Andrews membuat temuan dengan mengombinasikan analisis jaringan sosial dengan data penelitian tradisional.

Dilansir Sciencedaily, Jumat (28/6/2013), dengan menggabungkan kedua penelitian tersebut, peneliti dapat mengungkap bagaimana jaringan sosial bisa membentuk teknik 'budaya' dalam kehidupan kera. Peneliti berharap penelitian ini bisa dilakukan pada studi hewan sosial lainnya.

"Studi kami menunjukkan bahwa inovasi tidak hanya tersebar secara acak dalam grup primata," kata Whiten. Menurutnya, nenek moyang manusia yang dipercaya berasal dari primata juga menurunkan kemampuan jejaring sosial ini kepada manusia modern.

Beberapa peneliti mengamati jaringan sosial kera dengan merekam saat mereka menghabiskan waktu bersama. Analisis statistik canggih mengungkap bahwa jaringan sosial kera dengan beberapa individu lewat erat di bagian tertentu ketimbang kumpulan kera yang berada di luar grup.

Peneliti menilai masing-masing kera berada di posisi 'sentralitas' atau status sosial dalam jaringan. Peneliti juga memberikan skor bahwa peringkat tertinggi ditempatkan pada kera yang memiliki banyak koneksi dengan kera lainnya.

Whiten mengatakan, kera (squirrel monkeys) ini merupakan spesies yang tepat untuk dipelajari, karena hewan ini memiliki rasa ingin tahu yang alami. Para peneliti berharap bisa memperluas studi mereka untuk fokus pada kera ini dalam konteks berbeda, seperti mencai makan, bergerak dan beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar