Jumat, 28 Juni 2013

Dinosaurus Unik dengan Moncong Mirip Burung Beo

BEIJING - Psittacosaurus, disebut sebagai 'dinosaurus burung beo' (parrot dinosaur) yang diyakini pernah hidup 100 juta tahun lalu. Fosil hewan ini ditemukan di China dan bagian lain di Asia timur.

Dilansir Eurekalert, Jumat (28/6/2013), sebagai bagian dari tesis PhD-nya di University of Bristol, Qi Zhao yang kini menjadi staf Institut Paleontologi Vertebrata di Beijing, melakukan studi pada tulang Psittacosaurus remaja dan dewasa. Zhao mengatakan, beberapa tulang dari bayi Psittacosaurus hanya beberapa milimeter, sehingga dirinya harus menangani fosil hewan purba ini dengan sangat hati-hati.

Untuk dapat mendapatkan bagian tulang yang berguna, Zhao harus memastikan agar tidak terdapat kerusakan kecil pada fosil. Dengan izin khusus dari Beijing Institute, Zhao mulai meneliti dengan membagi dua tulang lengan dan dua kaki dari 16 individu dinosaurus.

Dinosaurus yang diteliti ini berusia kurang dari satu tahun hingga 10 tahun. Zhao mmelakukan pekerjaannya di laboratorium palaeohistology khusus di Bonn, Jerman.

Psittacosaurus yang masih bayi, yang diyakini berusia satu tahun memiliki lengan panjang dan kaki pendek. Hewan purba ini tampaknya mulai merangkak segera setelah menetas.

Zhao menemukan bagian tulang yang menunjukkan bahwa tulang lengan yang paling cepat berkembang ketika hewan masa lampau ini berusia satu sampai tiga tahun. Kemudian, dari empat sampai enam tahun, pertumbuhan lengan melambat dan tulang kaki menunjukkan lonjakan pertumbuhan besar-besaran.

"Ini studi yang luar biasa, yang menunjukkan banyak informasi yang 'terkunci' dalam tulang dinosaurus. Kami senang penelitian bekerja sangat baik dan melihat banyak cara untuk menggunakan metode baru guna memahami lebih lanjut tentang kehidupan yang menakjubkan dari dinosaurus," jelas Mike Benton dari University of Bristol.

Wikipedia menerangkan, Psittacosaurus pernah hidup di periode Cretaceous awal, yakni sekira 130 sampai 100 juta tahun lalu. Fosil dinosaurus ini bisa ditemukan di China, Mongolia dan Rusia.

Psittacosaurus memiliki spesies yang berbeda-beda dan ukuran yang berbeda pula. Spesies Psittacosaurus yang dikenal dengan nama P. mongoliensis bisa mempunya panjang tubuh 2 meter. Tubuh dewasa spesies ini bisa mencapai lebih dari 20 kilogram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar