Kamis, 27 Juni 2013

Jalanan Kuno Romawi Ditemukan di Yerusalem

YERUSALEM - Puing-puing batu datar peninggalan romawi kuno telah ditemukan di Yerusalem. Israeli Antiquities Authority (IAA) mengungkap bahwa situs peninggalan romawi tersebut merupakan bekas jalanan besar yang berusia ribuan tahun lalu.

Dilansir Discovery, Kamis (27/6/2013), sekira 1.800 tahun lalu, puing-puing jalanan ini merupakan salah satu dari dua jalan arteri utama yang menghubungkan Yerusalem dengan kota pesisir kuno yang dinamakan Jaffa. Kini Jaffa merupakan bagian dari Tel Aviv.

Ditemukannya jalan ini di utara Yerusalem terungkap selama penggalian pemasangan pipa drainase. "Beberapa ruas jalan yang sebelumnya digali oleh ekspedisi penelitian IAA, tetapi bagian halus yang diawetkan dari jalanan tersebut belum pernah ditemukan di Yerusalem hingga saat ini," jelas David Yeger, yang memimpin penggalian.

"Orang-orang Romawi memiliki kelekatan yang sangat penting untuk jalanan kekaisaran. Mereka menginvestasikan sejumlah besar uang dan memanfaatkan bantuan teknologi paling maju dari periode untuk merambah kekaisaran dengan membangun jalanan," terang Yeger.

Dengan jalanan ini, dahulu kekaisaran Romawi menyediakan akses bagi pemerintah, militer, ekonomi dan publik untuk mendapatkan efisiensi dan rasa aman. Jalanan tersebut juga diyakini memiliki stasiun atau tempat menginap untuk melindungi para pengembara.

Bagian dari jalanan yang ditemukan di Yerusalem ini membentang sepanjang 26 kaki (8 meter). Sebagian besar situs tersebut ditutupi oleh bangunan modern dan bagian jalan tampaknya telah lama ditinggalkan setelah orang Romawi meninggalkan wilayah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar