Senin, 15 Juli 2013

Ilmuwan Pelajari DNA Ungkap Mikroba Misterius

CALIFORNIA - Ilmuwan telah menemukan gen dari 'mikroba materi gelap'. Mikroba ini sebelumnya belum pernah terungkap oleh sains hingga ilmuwan menggunakan terobosan teknologi DNA.

Dilansir ABC, Senin (15/7/2013), riset baru ini menyediakan informasi baru terkait genetik bakteri dan membantu peneliti untuk memperoleh gambar lebih detail tentang evolusi 'pohon kehidupan' (tree of life). Mikroba misterius ini menunjukkan pada sejumlah besar mikroba yang tidak mampu tumbuh di laboratorium.

Dengan demikian, kajian biologi dan genetika mikroba ini menjadi misteri bagi ilmu pengetahuan. Terkini, teknologi baru yang disebut pengurutan gen sel tunggal memungkinkan ilmuwan melakukan studi pada gen dari 29 kelompok mikroba ini.

"Menggunakan metode baru kita bisa membuat miliaran salinan genom dari sel tunggal. Ini tidak terpikirkan 10 tahun yang lalu," kata Tanja Woyke, ahli biologi molekuler dari DOE Joint Genome Institute, California.

Sebelum penelitian ini, para ilmuwan telah membangun sebuah 'tree of life' yang menggambarkan sejarah evolusi Bumi. Namun, informasi tentang garis keturunan mikroba masih kurang dan condong kepada studi bakteri yang dapat dipelajari di laboratorium.

Oleh karena itu, banyak cabang memiliki kesenjangan yang besar dan benar-benar tidak dikenal ilmu pengetahuan. "Dengan teknik DNA baru ini, kami dapat mengisi beberapa cabang 'tree of life' (pohon kehidupan)," kata Woyke. Woyke mengatakan bahwa ini membantu meningkatkan pemahaman tentang sejarah evolusi mikro-organisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar