Rabu, 10 Juli 2013

Perjalanan Panjang Curiosity Mencapai Mount Sharp di Mars

CALIFORNIA – Robot penjelajah Mars milik National Aeronautics and Space Administration (NASA), Curiosity, akhirnya melakukan perjalanan terpanjangnya selama berada di planet merah. Di mana, ini akan menjadi target survei terakhirnya.

Adalah Mount Sharp yang menjadi tujuan utama misi akhir robot canggih berpenggerak roda ini. Gunung dengan ketinggian 3,4 mil (sekira 5.500 meter) ini terletak di tengah-tengah kawah Gale.

Dikutip Softpedia,Rabu (10/7/2013), perjalanan pertama menuju pegunungan itu dari daerah Glenelg, lokasi di mana ia pertama kali mendarat, telah dilakukan pada 4 Juli lalu dengan melaju hingga 59 kaki (sekira 18 meter).

Selanjutnya, pada 7 Juli lalu Curiosity kembali melaju hingga 131 kaki atau sekira 40 meter. Diperkirakan jarak yang harus ditempuhnya masih panjang, yakni mencapai sekira lima kaki atau sekira delapan kilometer lagi untuk sampai ke dasar gunung.

Para peneliti memprediksi, Curiosity minimal akan memakan waktu hingga satu tahun untuk dapat mencapai dasar gunung. Meski kemungkinannya kecil, tetapi robot penjelajah ini diharapkan dapat memenuhi tujuan misinya pada 2014 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar