Sabtu, 06 Juli 2013

Ilmuwan Ungkap Warna Asli Fosil Kumbang Tertua

BERLIN - Teknologi terbaru bisa membantu paleontolog untuk mengungkap seperti apa warna asli hewan purba tertua yang berusia 49 juta tahun lalu. Ilmuwan University of Bristol mengungkap misteri besar itu melalui penelitian terbaru mereka yang diterbitkan dalam Royal Society Summer Science Exhibition.

Dilansir Phys, Jumat (5/7/2013), para peneliti telah menduga warna hewan purba mungkin serupa dengan yang diawetkan dalam fosil. Namun, temuan terbaru dari struktur warna pada fosil serangga dan bulu membantu para ilmuwan untuk memecahkan misteri ini.

Meneliti struktur warna pada fosil serangga ini juga bisa memberikan wawasan baru bagi peneliti tentang evolusi warna. Selain itu, penelitian ini bisa memberikan pengetahuan terkait peran warna dalam komunikasi antara hewan di masa lampau.

Bristol University menggelar pameran bertajuk "Warna hewan prasejarah dalam fosil serangga dan bulu". Para ilmuwan yang terlibat dalam pameran ini berupaya mencari tahu warna asli hewan purba melalui percobaan interaktif fosilisasi, pemindaian berteknologi tinggi dengan mikroskop elektron.

"Tidak banyak orang tahu bahwa fosil dapat menunjukkan jejak warna. Pameran kami merupakan kesempatan unik untuk merangsang ribuan orang dengan ilmu pengetahuan, khususnya topik terhangat dalam paleontologi dan geologi seperti warna fosil," tutur peneliti Maria McNamara.

Menggunakan serangga modern dan bulu, para ilmuwan melakukan eksperimen untuk mengukur efek dari tekanan, suhu dan bahan kimia pada warna. Ini dilakukan untuk melihat apa dan bagaimana warna tersebut bisa berubah dari waktu ke waktu.

Ilmuwan kemudian memeriksa fosil menggunakan mikroskop elektron dan mengidentifikasi fosil secara akurat. "Fosil memiliki daya tarik universal dan kami berharap pameran kami akan menciptakan kesan positif mengenai sains pada publik," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar