Minggu, 07 Juli 2013

Opportunity, Robot Penjelajah 'Perkasa' Buatan NASA

CALIFORNIA - Robot ciptaan badan antariksa Amerika Serikat NASA yang telah menghabiskan waktu hingga 10 tahun, Opportunity, tercatat telah menempuh jarak 35 kilometer. Dalam misi eksplorasi di Mars, rover Opportunity ini kabarnya telah meneliti batuan tertua dan menemukan bukti kuat terkait penemuan air di Mars.

Dilansr Nbcnews, Minggu (7/7/2013), rover Opportunity masih tetap kuat di planet merah setelah misi resminya telah berakhir. Robot ini kabarnya tengah menempuh perjalanan 1,2 mil (2 kilometer) dari titik area yang diteliti selama 22 bulan terakhir di tepi kawah Mars Endeavour, menuju area lain di mana robot ini akan memulai fase baru dalam penelitian.

Hari Minggu (7/7/2013), menandakan peringatan hari peluncuran Opportunity yang ke-10. Robot berpenggerak roda ini meluncur bersama rover Spirit pada 2003, namun sayang Spirit akhirnya 'mati' di Mars pada 2010.

Opporunity meluncur di 2003 dan tiba di planet merah pada Januari 2004. Awalnya, kedua robot penjelajah yang dikontrol oleh tim NASA di Bumi ini diharapkan bisa beroperasi selama tiga bulan di Mars.

Akan tetapi, di luar dugaan, Opportunity tetap mampu bergerak aktif di Mars selama 1 dekade. Robot ini sebelumnya berada di bagian selatan situs Mars bernama 'Cape York' dan kini sedang menuju dalam perjalanan ke titik area bernama 'Solander Point'.

Perjalanan tersebut dimulai pada pertengahan Mei  dan Opportunity telah bergerak 'on the way' selama enam pekan. Untuk mencapai target lokasi, Opportunity harus melalui daerah yang dinamakan 'Botany Bay'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar