Senin, 01 Juli 2013

Mirip GPS, India Luncurkan Satelit Sistem Navigasi

NEW DELHI - India baru-baru ini meluncurkan tahapan pertama dari jaringan satelit navigasi domestik, yang bisa memberikan layanan bagi warga sipil dan militer. Satelit tersebut berfungsi sebagai sistem navigasi, persis Global Positioning System (GPS) Amerika Serikat.

Dilansir Phys, Senin (1/7/2013), satu dari tujuh satelit diangkut ke luar angkasa sebagai bagian dari Indian Regional Navigation Satellite System (IRNSS). Peluncuran satelit India ini satu bulan setelah China meresmikan sistem navigasi satelit domestiknya.

"Sistem navigasi satelit India telah dibangun untuk memberikan posisi akurat atau lokasi layanan informasi kepada pengguna di seluruh negeri," ungkap Devi Prasad Karnik, Direktur Indian Space Research Organisation (ISRO). Ia mengatakan, satelit tersebut akan menjangkau hingga area 1.500 kilometer (937 mil).

Sebuah roket yang membawa satelit pertama diperkirakan lepas landas pada Senin, pukul 11:41 pm (1741 GMT) di bagian tenggara negara bagian Andhra Pradesh. "Satelit 1.425 kilogram akan dimasukkan ke dalam orbit khatulistiwa 20 menit setelah lepas landas," ujar Karnik.

Satelit ini akan diluncurkan setiap enam bulan. Satelit diharapkan akan beroperasi penuh pada 2015. IRNSS akan menyediakan layanan navigasi komersial dan publik seperti membantu dalam manajemen bencana serta gerakan militer India, termasuk kapal dan pesawat.

"Ketika sepenuhnya operasional, sistem akan menyediakan dua jenis layanan, layanan posisi standar dan layanan terbatas," jelas Karnik. Layanan standar akan diberikan kepada semua pengguna, sementara layanan terbatas memungkinkan sistem untuk digunakan oleh pihak militer dan keamanan.

Pejabat India memperkirakan proyek ini akan menelan biaya 14,2 miliar rupee (USD238,6 juta).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar